Popular Post

Posted by : Fransisca Lee Cheonsa Minggu, 09 Juni 2013

        Bicara masalah makanan ini merupakan hal yang paling membuat hatiku bahagia......hahahahahaha pasalnya nggak ada kegiatan yang paing menyenangkan selain makan, betul !!!....:p. Judul kali ini nyemil guys..bisa ditebak postingan aku kali ini tentang apa? Yup...makanan kecil yang kece banget buat nyemil. Ingat makanan kecil ya bukan makanan gede hahahhaha... kalau itu bukan nyemil namanya. Sebelumnya Aku mau tahu nih, kalian tahu nggak macam-macamnya kue nusantara atau jajanan asli Indonesia? Bukan Burger, Pizza, Sosis, Nugget dan kawan-kawannya loh!.
       Menurut sudut pandang aku, entah benar atau nggak... yang aku tahu jajanan Indonesia sekarang kalah saing sob dengan jajanan luar. Aku bilang kayak gini karena aku lihat sendiri, kebiasaan adikku yang paling kecil (baru kelas 2 SD) dengan teman-temannya yang tiap hari senang banget jajan sosis dan nugget yang banyak bentuknya itu. Kalau disuruh milih antara beli jajanan pasar dibandingin jajanan fast food itu mereka malah lebih milih makanan jahat itu. Hufh padahal jajanan asli Indonesia lebih enak lo... sehat lagi.


Jajanan Indonesia yang paling aku suka ada banyak Sob....^^ Ini jajanan yang aku suka lo. And menurut aku jajanan yang paling Indonesia banget cz cuma Indonesia yang punya.


1. Kue Putu 
Kau ngomongin masalah kue ini, aku jadi inget zaman kecil dulu. Malem-malem habis hujan, udah kedinginan, perut laper tapi nggak ada cemilan yang bisa dimakan. Mau makan Nasi lagi nggak pengen, tiba-tiba pak putu lewat dengan suara khasnya "tut..tut..tut..." dengan langkah seribu aku lari dan aku panggil pak putu yang lewat itu. "Pak tumbas putu" panggilku waktu itu. Tumbas bahasa Jawa yang artiya beli. Inget nggak sih cara buat kue putu? itu loh yang di masukin ke bambu seperti ini ...Sob...^^


Lihat gambarnya saja, udah bikin aku ngiler pengen beli kue putu. Sayangnya sekarang jarang banget ada yang jual kue putu keliling kaya gini. Yah... jadi nyesel cepet dewasa.... hihihihi. bagi adik-adik yang ngakunya anak modern and gaul. Menurut aku kalian nggak bisa di sebut gaul kalau belum makan jajanan yang enak ini. hem... lembutnya tepung beras yang bercampur parutan kelapa...bener-bener enak banget..ditambah lagi lumernya gula jawa yang meleleh saat kue putu ini di iris. Wah...dasyat tuh rasanya. hem jadi pengen berat....Sob...^^ Jajanan selanjutnya yang bikin aku bangga jadi Anak Indonesia adalah :

2. Getuk (Jajanan Asli Yogyakarta)
Semua anak Indonesia yang pernah lahir di dunia ini terutama anak-anak di pulau Jawa kalau nggak tahu jajanan yang satu ini, mending minggat aja deh dari Indonesia. hehehehehehe bercanda Sob... mungkin ada beberapa yang nggak tahu jajanan ini ini cz domisili asli jajanan Getuk ini terdapat di Pulau Jawa. Bisa di maklumi kalau temen-temen di luar pulau Jawa tidak familiar sama jajanan unik satu ini. Berasal dari singkong yang di kukus kemudian di giling dan di taburi kelapa parut ini. Merupakan makanan favoritku dulu cz gampang di temuinya dan sampai hari ini masih banyak dipasarkan. Dan cara pemasarannya saat ini sudah cetar membahana Sob. Kalau tiba-tiba terdengar suara keras lagu yang diputar di depan rumah, nggak usah kaget kawan itu bukan, orang nikahan keliling atau orkes organ tunggal keliling tapi pak penjual getuk. hehehehehe tambah kreatif aja pak penjual getuk sekarang. Mau tahu bentuk getuk itu gimana? cekidot....^^

Jajanan selanjutnya yang sedikit menyebrang pulau yaitu pulau Sumatra, tetap bagian Indonesia kok sob .....jadi tenang aja. Ini jajanan favoritku yang ketiga. Kalau dua jajanan di atas rasanya manis.Kali ini jajanannya berbeda rasanya gurih mengigit Sob... wuwuwuwuwuw enak banget. Sumpah deh... kalu kalian makan jajanan ini pasti bakal ketagihan....mau lagi..mau lagi..dan mau lagi..hahahahahaha. Orang Sumatra pasti tau banget makanan ini. Yup..yup..yup apalagi kalau bukan Pempek

3. Pempek (empek-empek) (Jajanan Asli Palembang)

Jajanan yang terbuat dari tepung tapioka dan gilingan ikan ini, memilki cita rasa yang nggak terbantahkan enaknya Sob... apalagi kalau di makan dengan teman dekatnya kuah cuka atau kuah cuko. Buset.. rela deh ikut penjual pempek kemana-mana asal di kasih terus pempeknya hehhehehehe #ngarepmodeon. Buat yang pengen beli nggak harus beli tiket kapal atau pesawat untuk ke Pulau Sumatra Sob... cz penjual Pempek ini udah berkelana ke seluruh penjuru negeri So... nggak usah kuatir  di tempat kalian tinggal pasti ada yang jual. tapi ya gitu..rasanya memang sedikit berbeda dibandingin pempek asli yang ada di palembang. hihihihihi... untungnya aku punya saudara yang tinggal di sana..So, aku udah pernah ngerasain pempek yang asli...hohohohohoh sombong ini aku..:p
Jajanan yang keempat yang enak menurut lidah aku selanjutnya adalah :

4. Kerak Telor ( Jajanan Asli Betawi - Jakarta)
Kerak telor pertama aku, aku dapat saat ada bazar buku di Gedung Soetardjo di Kampus aku Universitas Jember. Dari namanya saja sudah bis ditebak bahan dasarnya apa.... yup...bahan dasarnya adalah telor. Jajanan ini yang paling krunchy banget di bangdingin 3 jajanan diastas bro secara, jajanan ini memang di goreng samapai garing. Baru pertama kali beli dan ngerasain rasanya kerak telor yang nggak versi aslinya saja enak banget apalagi yang asli dibuat sama orang betawinya. Wah ...nggak kebayang enaknya. Bagi yang belum sempet nyobain, saran aku mumpung Tuhan masih memberi kesempatan kalian untuk bernafas dan hidup di dunia ini, wajib banget kalian beli ini jajanan. dari pada beli pizza yang bisa bikin kalian kanker (kantong kering), mending duwitnya buat beli kerak telor. Di jamin dengan duwit yang kalian siapin buat beli pizza yang akhirnya cuma dapet 1 porsi, kalau kalian pake uang itu buat beli kerak telor di jamin kalian bakal kenyang mampus deh..hehehehehe...

Selanjutnya jajanan kelima yang paling aku suka itu batagor Sob...selain menyenyangkan dan enak. Jajanan ini murah meriah. Banyak banget lagi jang jualan di pinggir-pinggir jalan.

5. Batagor (Bakso Tahu Goreng - Jajanan Asli Bandung)
Alasan aku suka banget jajanan ini karena enak saja and terjangkau untuk kantong anak kost kayak aku hehehehe cukup banyak and bisa di jadiin pengganjal perut yang lagi laper banget. Aku suka yang goreng-gorengan gini, meskipun nggak baik kalau terlalu banyak makan batagor. Tanya kenapa? karena bisa bikin badan kita gemuk dan nggak baik buat pita suara terutama buat para anggota Paduan Suara kayak aku gini hehehehe.... apalagi kalau makan penggorengannya ...Wah berabe tuh. Mas batagor yang jualan bakal ngamuk tuh...:p.

Aduh...mulai tadi posting soal makanan. Aku jadi laper nih. Aku mau break dulu yaow...biasaya isi bensin mas and mbak bro.... Lunch Time...^^ sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya. Buat dukung Anak Indonesia satu ini gabung yuk jadi follower aku. Kasihan baru belajar jadi bloger tapi blognya nggak rame..hahahahaha...#menertawakandirisendiri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About

Favorite

- Copyright © C H E O N S A - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -